Motor : Tips Cara Mudah Servis Kick Starter yang Loss

Selasa, Juli 12, 2016 Liliek EP 0 Comments

Sobat pernah mengalami kick starter yang ngeloss atau nabrak? Sehingga ketika kick starter di genjot malah menimbulkan bunyi seperti roda gigi nabrak (bunyi KREEEK) serasa mau rontok. Berikut ini penyebabnya dan tips Cara Mudah Servis Kick Starter yang menimbulkan bunyi kreeek tersebut.
PENYEBAB :
Roda gigi pada poros/as kick starter tidak bersinggungan dengan tepat pada saat diengkol. Penyebabnya adalah ring pada as kick starter tidak terpasang sehingga ketika poros/as engkol diputar, poros tersebut bisa bergeser setebal ring tersebut dan mengakibatkan roda gigi yang bersinggungan juga bergeser. 
Bagian ini memang kecil dan sepele akan tetapi akan menjadi masalah dikemudian hari jika tidak terpasang. Karena masalah ini ditemui setelah blok mesin selesai dirangkai (setelah servis besar). Akan memerlukan waktu dan tenaga ekstra untuk membongkar blok mesin dan merangkai lagi.
Berikut ini tips Cara Mudah Servis Kick Starter tanpa membongkar mesin. Tips ini berlaku untuk motor Honda GL Series (GL100,125, CB, TIGER, MP, MAX dan mesin sejenis)
TIPS: 
Intinya adalah menahan agar poros kick starter tersebut tidak bergeser saat diputar. Yaitu dengan memberi penahan as dengan baut (seperti gambar dibawah).
Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana menentukan titik yang tepat tanpa membongkar blok mesin. Mudah saja, untuk mesin Honda GL series desainnya sama dan tips ini bisa diaplikasikan. Yang perlu diperhatikan adalah dua baut blok mesin seperti pada gambar di bawah (baut 1 & baut 2).


Entah ini kebetulan atau memang sudah didesain sedemikian, sehingga posisi poros kick starter di dalam mesin adalah tepat berada di tengah-tengah kedua baut blok mesin ini. Dan titik itu juga tepat pada bagian hexagonal seperti pada gambar di atas (panah merah). Sobat tinggal membuat lubang dengan mata bor 6 mm dan membuat ulir 8 mm. Sediakan baut 8 mm dengan panjang 2.85cm dan buat agar ujungnya agak tirus untuk menyesuaikan dengan profil poros yang di dalam. Sebelum baut dipasang, terlebih dulu lilitkan seal tape pada baut agar oli tidak rembes. Tips ini sudah saya aplikasikan pada beberapa motor Honda CB bermesin Tiger ataupun mesin GL.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar