Nasib pengrajin batik

Sabtu, Oktober 03, 2009 Liliek Eko Prasetyo 0 Comments

Batik menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang berhasil diakui dunia. Warisan budaya nenek moyang kita yang adiluhung (maha tinggi) yang wajib kita jaga dan lestarikan. Selain itu wayang dan keris juga masih dalam tahap proses untuk pengakuan international dari UNESCO -  salah satu badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan. Itu berita yang sempat saya baca di VIVANEWS.COM.
***

Namun bagaimanakah nasib para usahawan kecil dan pengrajin batik ? Apakah mereka akan mendapatkan imbas yang signifikan dari moment ini ?
Seperti di tulis di beberapa blog temen, bahwa upah para pengrajin batik masih rendah. Sehingga hal ini membuat masyarakat pengrajinnya banyak yang beralih profesi ke bidang lain seperti menjadi buruh pabrik, imigran dan lain-lain. Selain itu modernisasi pembuatan batik juga teramat banyak mempengaruhi daya jual karena daya beli masyarakat yang memang masih rendah.
Semoga dengan moment ini bisa menambah kecintaan kita pada batik dan melestarikannya, sehingga perputaran ekonomi produksi batik bisa semakin meningkat.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar