Browser Safari 4 lebih cepat dari Firefox 3 ??

Jumat, Juni 12, 2009 Unknown 0 Comments

Browser Safari 4 buata Apple ini diklaim jauh lebih kenceng untuk mengakses website di bandingkan Internet Explorer 8, Firefox 3, Chrome.
Ini karenakan ada peningkatan pada Nitro Engine-nya Safari 4. Yang diklaim punya kemampuan 4 kali lipat daripada Safari versi pendahulunya. Bahkan Apple begitu membanggakan fitur tersebut, katanya browsernya dapat mengeksekusi JavaScript sekitar 8 kali lebih cepat daripada IE8 dan 4 kali lebih cepat daripada Firefox 3 berdasarkan pengujian iBench dan SunSpider. Selain fitur Nitro Engine tersebut, Safari 4 ini juga mengalami peningkatan pada sistem bookmark-nya. Fitur-fitur tersebut antara lain TopSites, CoverFlow, dan Full History Search.


TopSites memberikan preview halaman situs favorit dalam satu halaman. Safari 4 akan melacak situs yang paling sering dikunjungi pengguna dan akan menempatkan 24 thumbnail situs paling favorit dalam halaman TopSites. Seperti Firefox dengan tambahan add on cool preview.
CoverFlow malah menampilkan tampilan semua halaman muka website yang pernah dikunjungi dan tersimpan dalam history dan bookmark. Bentuknya dibuat mirip sebuah buku dan untuk membuka halaman-halamannya cukup dengan menggeser kursor. Ini memudahkan pengguna untuk mengunjungi kembali halaman yang pernah dikunjunginya. Fitur seperti sebelumnya sudah diperkenalkan di iPod dan iPhone.
Jika pengguna lupa halaman mana yang pernah dilihat dan akan dikunjunginya lagi, gunakan Full Search History di halaman TopSites. Safari 4 menyimpan semua data teks di semua halaman web yang tersimpan dalam history.
Sebagian fitur-fitur tersebut sebenarnya mirip dengan yang ditawarkan Chrome buatan Google atau Opera terbaru. Namun, selalu yang membadakan software buatan Apple dengan lainnya adalah soal penampilan. Kesan 3D sangat kental di Safari 4. Jadi, coba saja kalau ingin membuktikan.
Safari tersedia dalam versi untuk Mac dan Windows. Software ini dapat diunduh cuma-cuma alias gratis di halaman Apple. Untuk yang berminat pengen mengetes produk ini, silakan download di websitenya Apple di http://www.apple.com/safari/download/

Screenshot diambil dari www.apple.com

di kutip dari Kompas.com - Rabu, 10 Juni di kolom Berita Teknologi

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar